Rabu, 20 September 2017

Ini Materi dan Tips Lulus CPNS 2017

KarirMedan.com - Pelaksanaan Seleksi CPNS Tahun 2017 sedang berlangsung hingga saat ini dan pemerintah menetapkan tiga kelompok materi soal SKD yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP).


Jika kalian ingin lulus ke tahapan berikutnya,maka peserta seleksi harus bisa mencapai ambang batas (passing grade) yang akan ditetapkan dengan Peraturan Menteri PANRB.

Berikut penjelasan Ketiga kelompok tersebut :

  • TWK dimaksudkan untuk menilai penguasaan pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai 4 pilar kebangsaan Indonesia. Keempat pilar itu meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Indoensia (NKRI). NKRI ini mencakup sistem Tata Negara Indonesia, sejarah perjuangan bangsa, peranan Bangsa Indonesia dalam tatanan regional maupun global, dan kemampuan berbahasa Indonesia secara baik dan benar.
  • Tes Intelegensi Umum (TIU) yang dimaksudkan untuk menilai kemampuan verbal yaitu kemampuan menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis. Tes ini juga untuk menilai kemampuan numerik yaitu kemampuan melakukan operasi, perhitungan angka dan melihat hubungan diantara angka-angka. TIU juga untuk mengetahui kemampuan berpikir logis yaitu kemampuan melakukan penalaran secara runtut dan sistematis, dan kemampuan berpikir analitis, yaitu kemampuan mengurai suatu permasalahan secara sistematik.
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP) untuk menilai integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan. “TKP juga untuk menilai kemampuan bekerja sama dalam kelompok, dan kemampuan menggerakkan dan mengkoordinir orang lain,” 



Selain seleksi SKD, agar lulus tes peserta harus mengikuti Seleksi Kompetensi Bidang (SKB). Ini berbeda dengan seleksi beberapa tahun lalu, yang tidak mengharuskan adanya SKB.

Berdasarkan Permen PANRB No 20/2017, materi Seleksi Kompetensi Bidang ditetapkan instansi pembina jabatan fungsional, sedangkan materi seleksi untuk jabatan pelaksana ditetapkan oleh instansi yang membidangi urusan jabatan pelaksana dimaksud.

Bagi kalian yang ingin punya persiapan menghadapi seleksi CPNS, pelajari soal latihan CPNS dan tryoutnya  lengkap dengan jawaban dan pembahasannya disini : Latihan Soal CPNS

Saya adalah seorang Auditor pada perusahaan Swasta di Indonesia dan saya juga merupakan penulis dari Blog www.bkerja.com menyediakan informasi tentang lowongan kerja di Indonesia.