Lowongan Kerja Medan Januari 2021 di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian - Lowongan Kerja Medan SMA D3 S1 Tahun 2024
News Update
Loading...

Rabu, 23 September 2020

Lowongan Kerja Medan Januari 2021 di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian

karirmedan.com - Lowongan Kerja Medan Januari 2021  -  Di era digital ini, semakin banyak perekrut yang mencari dan mengintip akun media sosial kandidat. Pasalnya, media sosial juga dipercaya dapat menjadi perwakilan karakter seseorang. Nah, agar dapat membuat HRD terkesan, cobalah untuk mempercantik profil media sosial milikmu, termasuk LinkedIn.

Selain memerhatikan foto, ingatlah juga untuk mencantumkan pencapaianmu selama ini, dan detail job description. Dengan begini, selain dapat mengira karaktermu, mereka juga memiliki gambaran kemampuan yang kamu miliki.

Pendidikan adalah jendela menuju kehidupan yang lebih sejahtera. Dengan pendidikan yang bagus, Anda mungkin akan mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi, memiliki properti sendiri, berbisnis dan lain sebagainya.

Menggabungkan hal ini dengan tingginya harga pendidikan serta rendahnya tingkat suku bunga pinjaman, banyak yang menempuh pendidikan mereka dengan cara mengajukan kredit.

Kredit ini mereka ajukan dengan persepsi bahwa setelah menempuh pendidikan tersebut, mereka akan mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi dan akan mampu membayar kembali utang tersebut.

Tetapi, yang tidak mereka sadari adalah selama mereka menempuh pendidikan tersebut, tingkat pengangguran meningkat, pendapatan berkurang dan biaya hidup semakin tinggi.

Utang tersebut juga digunakan untuk membeli barang-barang konsumtif yang murah seperti smartphone, televisi dan gadget.

Walaupun studi menyimpulkan bahwa generasi milenial merupakan generasi dengan optimisme yang paling tinggi, kenyataannya generasi ini mempunyai tingkat stres tertinggi dibandingkan generasi setelah atau sebelumnya.

Dengan persepsi yang keliru tersebut, mereka akan lebih sulit mencari pekerjaan karena status kredit mereka yang kurang baik. Tingkat kesejahteraan mereka pun menurun karena beban utang yang berlebihan.

Setiap orang pasti menginginkan kesuksesan dalam karir. Dengan sukses, artinya kita bersyukur atas pekerjaan dan karir yang kita peroleh. Tapi ngomong-ngomong, apa itu sukses dalam karir?

Menurut sebuah artikel yang dipublikasikan Forbes (Maret 2017), kesuksesan dalam karir bisa juga disebut trifecta career, yakni suatu titik di mana seorang karyawan bisa mencapai tiga kondisi: karir yang sesuai dengan passion, mendatangkan penghasilan yang menarik, serta berdampak pada dunia. Suatu target yang cukup tinggi, namun bukan tak mungkin dicapai, bukan?

K-A-R-I-R, kali ini kita akan membahas topik yang lebih serius, sahabat Cevan yaitu karir. Diucapkan begitu mudah, begitu pendek, dan begitu cepat, kata ini tak akan pernah luput dari bacaan dan pendengaran Anda setiap harinya. Berapapun usia Anda, topik yang satu ini akan terus Anda pikirkan dengan baik dalam kepala Anda.

S-U-K-S-E-S, adalah kata lain yang menggambarkan impian semua orang di dunia ini. Bagaimanapun caranya, seberat apapun perjuangan yang harus ditempuh, tidak ada orang yang tidak menginginkannya. Diri sendiri akan berjuang sekuat tenaga dan orang-orang di sekitarnya akan membantu melalui berbagai macam cara supaya hidupnya sesuai dengan kata tersebut, bukan antonim alias lawannya yaitu gagal.

Karir yang sukses adalah cita-cita semua orang. Dengan karir yang sukses, fisik, psikis, dan sosial akan jauh lebih sehat karena semua kebutuhan dan keinginan bisa terpenuhi. Tahta tinggi, harta berlimpah, selalu cukup uang untuk membeli barang mewah, makan enak di restoran dan hotel bintang lima, naik pesawat dengan kursi kelas utama berkeliling dunia, betapa bahagianya hidup sebagai orang kaya dengan karir yang sukses. Untuk bisa ke sana, kita harus tahu kunci sukses meniti karir dan sebelumnya kita harus memahami definisi yang benar tentang karir yang sukses.

Menghadapi tantangan merupakan satu hal yang paling sulit ditaklukkan dalam dunia kerja. Namun, bukan berarti Anda bisa menyerah dengan tantangan tersebut. Karena setiap pekerjaan dan perjalanan karir pasti ada masalah yang mau tak mau harus dihadapi.

Jadikan hal tersebut sebagai tantangan yang harus Anda selesaikan. Bukannya menyerah kemudian meninggalkannya. Setiap tantangan yang muncul akan menambah pengalaman Anda dan ini menjadi modal penting bagi kemajuan karir Anda.

Banyak juga yang mengatakan bahwa tantangan juga sebagai ujian dalam karier untuk menapaki kelas yang lebih tinggi. Bukanlah sesuatu yang mengejutkan apabila banyak orang yang jauh lebih sukses dan berhasil setelah menaklukkan tantangan. Jadi, masih berpikir kalau tantangan itu hambatan?

Membuat karir menjadi bersinar dan cemerlang memang butuh perjuangan. Dengan terus berusaha dan pantang menyerah, Anda akan menuai hasil yang luar biasa selama berkarir. Jangan gegabah dan selalu berhati-hati terhadap keputusan yang Anda ambil. Sebab hal tersebut akan berpengaruh pada karir dan reputasi Anda.

Tak hanya semangat dan kerja keras saja yang dibutuhkan keberadaannya, kamu juga butuh keuletan supaya bisa sukses di dunia kerja. Segenggam keuletan yang dipunya lebih berharga daripada selembar ijazah sarjana. Sifat ulet bisa membuatmu terus mencari inovasi serta solusi ketika kamu dihimpit oleh berbagai permasalahan. Keuletan jugalah yang pada akhirnya mampu mengantarkanmu ke gerbang kesuksesan nantinya.

Seringkali gelar sarjana yang berada di belakang nama membuat kita lupa. Memang untuk mendapatkannya kita membutuhkan perjuangan mati-matian selama kurang lebih 4 tahun. Bangun pagi demi kuliah pagi, begadang mengerjakan tugas, belum lagi ketika harus jatuh bangun bergulat dengan skripsi. Terkadang hal inilah yang dijadikan alasan untuk berjumawa terhadap gelar yang sudah tersemat di belakang nama.

Dalam menulis surat lamaran, Perhatikan cover letter dengan baik. Cover letter berfungsi untuk mencerminkan dirimu dan bagaimana kemampuanmu. Oleh karena itu, penting bagimu untuk dapat membuat cover letter yang mampu membuat HRD terkesan. Selain perkenalan singkat mengenai dirimu, kamu juga perlu menyertakan pengalaman yang relevan dengan pekerjaan yang ingin kamu lamar.

Jika kamu masih bingung, cobalah untuk melihat contoh cover letter yang tepat. Agar kamu usahamu dalam mendapatkan kerja dapat berjalan lancar.

Beberapa orang terkadang merasa tak bisa mewujudkan impiannya dalam membuat karya, apabila ia sendirian. Untuk itulah ia kemudian merasa membutuhkan yang namanya bekerja. Dengan bekerja ia akan memiliki daya dan kemudian mengupayakan segala seuatu untuk bisa menciptakan karya yang ia idam-idamkan tersebut.

Ada orang yang tidak bekerja justru menjadi bosan karena tak punya kegiatan dan rutinitas. Hidupnya menjadi begitu-begitu saja. Untuk itu, beberapa diantaranya menjadikan pekerjaan sebagai hobi sehingga ia senang apabila diberi pekerjaan, karena itu merupakan kegiatan yang disukainya.

Keuntungan satu ini biasanya sangat dirasakan pada bisnis berskala kecil. Dengan jumlah karyawan yang tidak seberapa, karyawan yang termotivasi tidak akan segan untuk membantu tugas operasional sehari-hari Anda. Dengan begitu, Anda memiliki waktu lebih untuk memikirkan hal-hal lain yang lebih penting. Sebaliknya, karyawan yang memiliki motivasi kerja rendah bisa menghalangi bisnis kecil Anda untuk berkembang karena mereka tidak mampu memberikan performa dengan kualitas yang Anda harapkan.

Kerjakan pekerjaan Anda dengan ketulusan hati maka Anda akan meraih sukses dengan sedikit kompetisi dalam pekerjaan Anda. – Elbert Hubbard. Sesuatu yang belum dikerjakan seringkali nampak mustahil dan kita akan yakin jika kita telah melakukannya dengan baik. – Evelyn Underhill. Bekerjalah dalam diam dan biarkan kesuksesan Anda yang bersuara nyaring. – Frank Ocean. Masa depan tidak terletak pada pekerjaan yang dilakukan melainkan pada siapa yang melakukan pekerjaan tersebut. – George CraneKekuatan dari seseorang ketika ia tanpa rasa takut dan terpusatkan adalah hebat. Tetapi kekuatan dari kebersamaan ketika bekerja sama adalah yang terhebat. – Gloria Macapagal Arroyo. Setelah Anda berkomitmen, Anda harus disiplin dan bekerja keras untuk dapat berada di sana – Haile Gebrselassie. Satu-satunya hal terbaik yang dapat mengalahkan nasib sial adalah kerja keras. – Harry Emas. Cukup sederhana, tidak ada pengganti kerja keras untuk meraih kesuksesan. – Heather Bresch. Inspirasi merupakan anugerah dari kerja keras dan fokus. – Helen Hanson. Saya ingin mengerjakan tugas-tugas hebat dan mulia tetapi kewajiban utama saya adalah mengerjakan tugas-tugas kecil layaknya mengerjakan tugas hebat dan mulia. – Helen Keller.



Berikut ini kami bagikan informasi Lowongan Kerja Terbaru 2020 dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (disingkat Kemenko Perekonomian). 

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian (disingkat Kemenko Perekonomian) sebelumnya bernama Menteri Koordinator Bidang Ekonomi, Keuangan, dan Industri adalah kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi koordinasi dan sinkronisasi penyiapan dan penyusunan kebijakan serta pelaksanaannya di bidang perekonomian. Kemenko Perekonomian dipimpin oleh seorang Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (Menko Perekonomian) yang sejak tanggal 12 Agustus 2015 dijabat oleh Darmin Nasution.

Saat ini, Kemenko Perekonomian membuka rekrutmen untuk mengisi posisi sebagai:

1. Staf Fotografer / Videografer / Desain Grafis (Kode : TPT-FG)

Persyaratan Khusus :

Pria, berusia maksimal 35 tahun;

Jurusan Ilmu Komunikasi, Desain Grafis, DKV, Multimedia, atau Ekonomi;

IPK minimal 3,00 ;

Mempunyai kemampuan fotografi dan membuat video;

Menguasai photo dan video editing software;

Mempunyai portofolio yang dapat ditunjukkan;

Mampu mengoperasikan media sosial dan aplikasi meeting online;

Memiliki SIM C dan/atau SIM A (nilai tambah);

Kuota : 1 orang.


2. Staf Persidangan (Kode : TPT-SD)

Persyaratan Khusus :

Pria, berusia maksimal 35 tahun;

Jurusan Teknik Informatika atau Sistem Informasi;

IPK minimal 3,00;

Mampu mengoperasikan aplikasi meeting online;

Menguasai MS Office, internet, dan/atau aplikasi pendukung lainnya;

Mempunyai kemampuan mengetik cepat;

Mampu membuat database;

Memiliki SIM C dan/atau SIM A (nilai tambah)

Kuota : 1 orang


3. Staf Keuangan (Kode : TPT-KU)

Persyaratan Khusus :

Pria/Wanita, berusia maksimal 35 tahun;

Semua jurusan, diutamakan jurusan Ekonomi (Akuntansi atau Manajemen);

IPK minimal 3,00;

Mampu membuat Laporan Keuangan sederhana;

Menguasai MS Office, internet, dan/atau aplikasi pendukung lainnya;

Kuota : 2 orang


4. Staf Publikasi (Kode : TPT-PB)

Persyaratan Khusus :

Pria/Wanita, berusia maksimal 35 tahun;

Jurusan Ilmu Komunikasi, Jurnalistik, Hubungan Masyarakat, Ekonomi, atau Sastra;

IPK minimal 3,00;

Mempunyai kemampuan menulis berita;

Mempunyai portofolio yang dapat ditunjukkan;

Menguasai MS Office, internet, dan/atau aplikasi pendukung lainnya;

Mengerti tentang media relation;

Mampu mengoperasikan media sosial dan aplikasi meeting online;

Memiliki SIM C dan/atau SIM A (nilai tambah);

Kuota : 1 orang.


5. Staf Penyiapan Naskah (Kode : TPT-NH)

Persyaratan Khusus :

Pria, berusia maksimal 35 tahun;

Jurusan Ilmu Ekonomi atau Ekonomi Pembangunan;

IPK minimal 3,00;

Mampu mengoperasikan aplikasi meeting online;

Mampu mengolah data statistik;

Mempunyai kemampuan membuat infografis (nilai tambah);

Menguasai MS Office, internet, dan/atau aplikasi pendukung lainnya;

Memiliki SIM C dan/atau SIM A (nilai tambah);

Kuota : 1 orang.


Persyaratan Umum :

Pendidikan minimal D4/S1 (semua formasi), dan minimal D3 (untuk TPT-KU)

Berpengalaman kerja pada bidang yang dilamarnya minimal 1 tahun (D4/S1) dan 2 tahun (D3) Fresh (Fresh Graduate dan pengalaman lainnya akan dipertimbangkan);

Memiliki pengetahuan tentang kondisi perekonomian terkini;

Sehat jasmani dan rohani;

Rajin , memiliki semangat kerja tinggi, dan mudah beradaptasi/fleksibel;

Dapat bekerja secara individu atau kelompok;

Jujur, berintegritas, bertanggung jawab, dan disiplin;

Bersedia bekerja lembur, termasuk di akhir pekan (jika diperlukan)

Bersedia ditugaskan keluar kota (jika diperlukan);

Bersedia menggunakan laptop pribadi untuk bekerja (jika diperlukan);

Kisaran gaji Rp 5 s.d 6 juta per bulan, bergantung penilaian dan kesepekatan kedua pihak.

Tidak menuntut untuk diangkat menjadi PNS/ASN/PPPK.


Tata Cara Pelamaran

Apabila Anda berminat pada Lowongan Kerja Terbaru 2021 ini, silakan ikuti prosedur di bawah ini:

Surat Lamaran ditujukan kepada Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi, dan Persidangan Kemenko Perekonomian RI, dan melampirkan : Curriculum Vitae (CV); Scan KTP dan NPWP; Scan Ijazah dan Transkrip Nilai, dan Surat Keterangan Akreditasi Universitas/Jurusan yang dilegalisir; Pas Foto berwarna terbaru ukuran 4-6; Portofolio (khusus pelamar TPT-FG dan TPT-PB); dan scan sertifikat pendukung dan dokumen lainnya (jika ada, untuk semua pelamar).

Kirimkan ke email : rekrutmen.biroklip.ekon@gmail.com ; cc:iqbal@ekon.go.id , dengan subjek "Kode Bidang yang Dilamar_Jurusan_Universitas_Nama Lengkap".

Paling lambat Minggu (10 Januari 2021), Pukul 21.00 WIB. Diharapkan ukuram email tidak lebih dari 10 MB.

Harapan Kami
Semoga Kamu Cepat dapat Pekerjaan ya
Amin